Ini Perbedaan 4G Dengan 5G

Halo Sobat Artapuri! Gimana kabarnya? Semoga sehat selalu yaa. Kali ini, Artapuri Blog ingin membagikan artikel tentang Perbedaan Jaringan 4G Dengan 5G.

Perlu kalian tahu, di era teknologi yang semakin cepat ini akan mempermudah dan berguna untuk masa depan lho Sobat. Apalagi dengan kehadiran jaringan 5G yang resmi rilis pada Mei 2021 lalu.

Nah, bagi Sobat yang belum tahu dan masih bingung perbedaannya, langsung saja yuk simak artikel ini!

Kecepatan

Salah satu perbedaan signifikan antara generasi jaringan satu dengan yang lainnya, adalah kecepatan. 5G diharapkan hampir 100 kali lebih cepat dari 4G. Bayangkan saja, dengan kecepatan itu maka kalian dapat mengunduh film berdurasi dua jam dalam waktu kurang dari 10 detik. Sedangkan, 4G membutuhkan waktu sekitar tujuh menit untuk mengunduh file serupa.

5G memiliki kecepatan yang tinggi lantaran sebagian besar jaringan tersebut dibangun di atas gelombang udara frekuensi super tinggi yang biasa dikenal sebagai spektrum pita tinggi. Frekuensi yang lebih tinggi dapat mengirimkan lebih banyak data dan jauh lebih cepat daripada 4G.

Sayangnya, sinyal yang bergerak pada spektrum pita tinggi tidak dapat berjalan terlalu jauh dan sulit menembus dinding, jendela, tiang, dan permukaan keras lainnya. Tentu, kondisi itu sangat tidak nyaman bagi seseorang yang bekerja tapi dituntut untuk stand by di mana pun ia berada.

Untuk itu, operator nirkabel yang membangun jaringan 5G pita tinggi memasang berton-ton situs sel kecil ke tiang lampu dinding, atau menara, dalam jarak yang realtif berdekatan satu sama lain. Bahkan, kemungkinan juga banyak gedung yang akan mendapatkan situs seluler 5G mereka sendiri untuk memastikan fungsi jaringan di dalamnya.

Kapasitas

Pasti kalian semua pernah mengalami frustasi usai melihat ‘roda yang tak kunjung berhenti berputar’ muncul di layar perangkat elektronik kalian ketika mencoba membuka halaman web atau memutar video di media sosial. Kondisi itu bisa disebabkan karena terlalu banyak perangkat yang mencoba menggunakan jaringan di satu tempat yang akhirnya berujung kemacetan.

Dengan hadirnya 5G, diharapakan permasalahan tersebut dapat teratasi. Jaringan 5G disebut memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada 4G. Dengan begitu, ponsel kalian akan memiliki koneksi yang lebih baik sehingga kalian bisa lebih mudah berkoar di media sosial. Kondisi ini akan memungkinkan untuk menghubungkan lebih banyak perangkat ke jaringan.

Latensi

Latensi adalah waktu yang diperlukan perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain atau dengan server yang mengirimkan informasi kepada mereka. Lebih simpelnya, latensi juga bisa dibilang merupakan waktu yang dibutuhkan data untuk melakukan perjalanan antara sumber dan tujuannya.

Meski latensi diukur dalam milidetik, semua milidetik itu bertambah saat mengirim dan menerima paket informasi yang sangat besar, seperti video. Sebenarnya, latensi pada 4G sudah cukup rendah tetapi 5G akan membuatnya hampir nol.

Dengan latensi yang mendekati nol, maka itu akan bagus untuk menunjang inovasi baru seperti game real-time jarak jauh. Hal ini akan membantu orang-orang di penjuru dunia menggunakan perangkat yang terhubung ke internet nirkabel dengan memainkan satu game dan semuanya berada di halaman yang sama pada waktu yang sama.

Itu dia ulasan mengenai perbedaan jaringan 4G dan 5G. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Sobat dan jangan lupa jaga kesehatan yaa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.